.:: Selamat Datang di Website Suryono Ekotama ::.
Monday, 21 Apr 2014
HUTANG
SURMADI ABY
Assalamualaikum Pak Eko   Perkenalkan Nama sama SURMADI ABY dari Cawang - Jakarta Timur, Banyak banget masalah yang ingin saya ungkapkan ke Bapak. Saya sangat tersiksa dengan masalah keuangan yang menimpa saya saat ini. Saya udah ga kuat ngad
Konsultasi Ekotama
Wednesday, 26 Feb 2014
PEMILIHAN LANGSUNG
PEMILIHAN LANGSUNG Pada saat aku menulis artikel "Presiden Dipilih Langsung" tahun 1997 yang lalu di sebuah harian Yogyakarta, tidak pernah kubayangkan hasilnya akan seperti ini. Bukan pemilu seperti sekarang ini yang kubayangkan dulu. Mungkin yang
Pengunjung Saat ini: 7
Total Pengunjung: 437964

Artikel Motivasi Bisnis :: Ekotama


Monday, 25 Jan 2010
YANG LALU BIARLAH BERLALU

YANG LALU BIARLAH BERLALU


Banyak orang tidak sadar jika ia mengidap trauma masa lalu. Ya, bayangan masa lalu itu menghantui sepanjang hidupnya, membuatnya selalu ketakutan bahwa hal yang sama akan terulang kembali. Oleh sebab itu ia menjadi orang yang selalu ragu-ragu setiap akan melakukan sesuatu. Akibatnya ia menjadi stagnan, tidak maju, tidak juga mundur. Ini adalah gambaran umum bagi kita yang masih terjebak dengan masa lalu kita, tidak bisa melupakannya, dan justru menghambatnya untuk maju. Anda pernah mengalaminya? [more...]


Monday, 25 Jan 2010
SERANGAN FAJAR

SERANGAN FAJAR


Mau bikin hidup Anda lebih bergairah? Lakukanlah Serangan Fajar! Bikinlah lawan Anda klepek-klepek (tak berdaya) dan mengakui strategi jitu Anda. Kalau Anda melakukannya dengan benar dan perhitungan matang, Anda akan mendapatkan kepuasan tiada tara. Hidup Anda siang harinya pun serasa lebih indah! [more...]


Monday, 25 Jan 2010
MANAJEMEN KODOK

MANAJEMEN KODOK


He...he...he... Kodok saja punya manajemen?!? Hebat ya? Tapi apa jadinya kalau manajemen kodok itu diadopsi manusia untuk menjalankan bisnis? Hebatkah jadinya? Anda pasti senyum-senyum kalau membayangkan realitanya. Inilah dunia. Apa saja bisa terjadi, dari yang tidak masuk akal sampai dengan yang sangat masuk akal. Santai saja, Bung! Bisnis bisa dijalankan sambil tertawa kok... [more...]


Monday, 25 Jan 2010
MBA ...!

MBA...!
(Management By Accident)


Kalau Anda mendengar kata MBA, apa yang terlintas dibenak Anda? Bisa konotasinya positif, bisa juga konotasinya negatif? MBA yang berkonotasi positif adalah Master of Business Administration, misalnya. Tapi MBA yang berkonotasi negatif itu Married By Accident... Nah, kalau yang negatif ini, siapa pun yang kena pasti malu juga. [more...]


Monday, 25 Jan 2010
BERMAIN KACA PEMBESAR

BERMAIN KACA PEMBESAR


Masa kecil saya dulu saya rasakan cukup indah. Pada waktu masih duduk di sekolah dasar, saya bisa bermain dengan teman-teman sebaya, meski tidak sebebas teman lainnya. Oleh karena masa-masa bahagia itulah, banyak kenangan yang masih saya simpan sampai sekarang. Semuanya terekam dengan baik di otak saya. [more...]


Monday, 25 Jan 2010
BERLAYAR TANPA ANGIN

BERLAYAR TANPA ANGIN


Indonesia ini negara bahari. 70% wilayahnya terdiri dari lautan dan hanya 30% yang berupa daratan. Ini pelajaran SD, masih Anda ingat? Itulah sebabnya nenek moyang kita itu seorang pelaut. Pengen lihat buktinya? Datanglah ke Candi Borobudur. Di candi yang dibuat pada abad ke-8 Masehi itu ada relief yang menggambarkan kapal layar yang dipakai pada saat itu untuk mengarungi samudra. Masih nggak percaya kalau kapal di relief itu bisa mengarungi samudra beneran. Mampirlah ke Museum Perahu Borobudur. Disitulah bersemayam replika kapal layar kuno made in nenek moyang kita yang seorang pelaut itu! [more...]


Sunday, 24 Jan 2010
BERDAGANG ITU LEBIH BAIK DARIPADA MENJADI PEGAWAI

BERDAGANG ITU LEBIH BAIK DARIPADA MENJADI PEGAWAI


Judul diatas saya kutip dari tulisan Dr. "Aidh al-Qarni, seorang penulis Timur Tengah, dalam bukunya La Tahzan (Jangan Bersedih) yang telah menjadi best seller itu. Tulisan itu sekilas terlihat sederhana dan kurang bermakna, padahal jika kita telaah lebih jauh maknanya sangat dalam sekali. Sebuah ajaran spiritual dan kultural mengenai pentingnya suatu kewirausahaan yang dikemas hanya dalam satu kalimat tanpa bermaksud menggurui. Satu kalimat sederhana itulah yang saya cuplik untuk memberi judul tulisan yang sedang Anda baca ini. [more...]


Sunday, 24 Jan 2010
BERCINTA SEBELUM WAKTUNYA

BERCINTA SEBELUM WAKTUNYA


Bercinta sebelum waktunya itu memang nikmat! Setidaknya itulah gambaran mudah untuk menjelaskan hasil penelitian Iip Wijayanto beberapa tahun silam yang menyatakan bahwa lebih dari 90% mahasiswi di Yogyakarta itu sudah tidak perawan. Saking nikmatnya, sehingga para mahasiswi itu tidak lagi menghiraukan keperawanannya. Mungkin hal itu juga yang membuat saya heran dengan tingginya angka aborsi di Yogyakarta (tentunya yang tidak resmi). Ini saya ketahui pada saat saya melakukan riset untuk menyusun buku saya yang pertama, Abortus Provocatus Bagi Korban Perkosaan Yang Hamil, meskipun data itu akhirnya tidak saya publikasikan karena memang tidak resmi, tapi betul-betul ada. Sudah tidak perawan, hamil, aborsi pula. Inilah akibat bercinta sebelum waktunya dalam arti yang sebenarnya. [more...]


Sunday, 24 Jan 2010
ASYIKNYA MALAM PERTAMA

ASYIKNYA MALAM PERTAMA


Anda pernah kawin? Eh, maksudnya bersenggama dengan lawan jenis? Tidak peduli apakah Anda melakukannya setelah menikah atau sebelum menikah. Apa yang Anda rasakan?

Bagi pengarang atau penulis cerita, malam pertama selalu dilukiskan dengan segala keindahannya. Mulai dari keindahan yang bisa dilukiskan dengan kata-kata sampai dengan keindahan yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata lagi. Namun kenyataannya ternyata tidak seindah demikian. Itulah realitanya! Nggak percaya? Tanya saja kepada orang-orang terdekat Anda yang pernah melakukannya. [more...]


Sunday, 24 Jan 2010
AIR BERIAK TANDA TAK DALAM

AIR BERIAK TANDA TAK DALAM


Wah, betapa asyiknya ya? Di tengah cuaca yang sangat cerah ini kita main arung jeram. Berangkat pagi sama keluarga, teman-teman atau karyawan kita terus jam sembilan pagi kita sudah meluncur di kali (sungai) dengan asesoris yang bikin jantung deg-degan. Bagaimana tidak deg-degan? Tiap kali kita ikut arung jeram, kita wajib memakai helm pelindung kepala, baju pelampung, naik perahu karet dan senjata di tangan berupa dayung yang tidak boleh terlepas. Sekilas mirip tentara yang mau maju medan perang kan? Udah begitu kita musti ikut briefing sebelum turun ke air. [more...]


1

Tuesday, 22 Apr 2014

ULTAH KE-37, BEKERJA DALAM DIAM

Tanggal 21 Maret adalah ultah Pak Surya. Seperti biasanya, saya berusaha bertemu dengan beliau. Saya cari di hotel berbintang tempatnya bertemu dengan para mitra kerjanya, tidak ketemu. Saya cari di kafe tempat beliau menyeruput kopi kesukaannya, tidak ketemu juga. Bahkan saya cari di angkringan tempat favoritnya makan malam, tidak ada. Penasaran, akhirnya saya langsung meluncur ke rumahnya. Ahaa..., rumahnya terang benderang oleh sinar lampu dan mobilnya terparkir didepan garasi. Artinya, beliau ada dirumah. Kesempatan langka nih, pikir saya.

Thursday, 12 Dec 2013

LAUNCHING KLINIK BISNIS EKOTAMA (KBE)

Banyaknya konsultasi dari masyarakat Indonesia melalui website ini, email, SMS, BBM, FB, maupun pertemuan langsung, membuat SURYONO EKOTAMA memiliki ide untuk membuat klinik bisnis. Langkah pertama adalah membeli domain www.klinik-bisnis.com pada Januari 2013 yang lalu. Kemudian ia menyusun program-program konsultasi / sharing disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, hingga akhirnya seluruh program bisnis itu tersusun lengkap pada awal November 2013. Tepat pada tanggal 10 November 2013, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan RI, SURYONO EKOTAMA meluncurkan KLINIK BISNIS EKOTAMA atau disingkat KBE di kota perjuangan, Yogyakarta.

Berikut ini petikan wawancara dengan Pak Surya (panggilan akrab SURYONO EKOTAMA) ketika ditemui di Yogyakarta:

Sunday, 24 Mar 2013

ULTAH KE-36, PESTA NASI KUCING

 

"Kalo ingin ketemu saya, datanglah ke Angkringan X disebelah Toko Swalayan Y, jam 20.30-an", demikian bunyi SMS yang saya terima dari Bapak Ekotama pada hari Kamis, tanggal 21 Maret 2013, pukul 17.00. Saya balas SMS itu dengan singkat, "Siaappp, Pak..!"

Pukul 20.30, saya telah sampai di Toko Swalayan Y. Sepedamotor saya parkir didepan toko swalayan. Disitu saya juga melihat ada mobil yang diparkir. Saya kenali mobil itu adalah mobil sehari-hari yang dikendarai Bapak Ekotama. Segera saya mencari beliau di Angkringan X yang dimaksud.

Copyright 2009 - ekotama. All Rights Reserved.