.:: Selamat Datang di Website Suryono Ekotama ::.
Friday, 05 Oct 2018
Order buku 5 pcs
Gusper
Sudah nyari2 di toko buku ga Nemu Mau order buku 'Trik Jitu Pengusaha Cerdas'  Bagaimana caranya? No HP/WA yang bisa saya hubungi Nomor rekening transfer? Terimakasih ðŸ˜ŠðŸ™Ź GUSPER WA 08139963711
Konsultasi Ekotama
Tuesday, 25 Jul 2017
INTEGRITAS
INTEGRITAS Apakah Anda pernah mengalami kejadian seperti ini? 1.Ada karyawan yang bertabiat buruk, selalu terlambat masuk kantor, mengantuk (sesekali hingga tertidur) di kantor, malas-malasan pada jam kerja, bahkan menggunakan jam kerja untuk melak
Pengunjung Saat ini: 3
Total Pengunjung: 981596

Artikel Sosial Politik :: Ekotama


Sunday, 31 Aug 2014
ANTRI BBM...?!?

ANTRI BBM...?!?

Aku geram melihat antrian kendaraan bermotor mencari "minum" di SPBU. Kepalaku panas karena terjebak kemacetan ditengah panas terik musim kemarau setiap melewati SPBU yang sekarang makin rapat saja jaraknya disetiap lajur jalan. Tapi kegeramanku itu bukan kutujukan kepada rakyat yang sedang mengantri BBM itu, tapi kutujukan kepada pemerintah yang tidak becus ngurus rakyat. Baru saja rakyat dibikin cemas gara-gara Pemilu yang baru lalu, kemudian dininabobokan dengan perayaan kemerdekaan yang kosong melompong, setelah itu langsung dijadikan kambing hitam sebagai penyebab langkanya BBM:

  1. Rakyat dituduh telah menghabiskan kuota BBM sebelum waktunya.
  2. Rakyat dituduh menggunakan BBM bersubsidi yang bukan haknya.
  3. Rakyat dituduh melakukan "panic buying" karena pembatasan BBM bersubsidi.
  4. Rakyat dituduh sebagai konsumen yang "manja" oleh Pertamina. 

[more...]


Saturday, 02 Aug 2014
KEKAYAAN SEMU

KEKAYAAN SEMU

Pada musim Lebaran 2014 ini ada dua orang temanku yang keheranan dengan gaya hidup para pemudik (orang udik). Yang pertama, temanku yang rumahnya di desa. Tetangganya banyak yang pulang kampung membawa mobil. Tentunya mobil plat Jakarta. Ia bercerita, bahwa mobil-mobil itu ketika malam tiba berbunyi sendiri saling bersahutan. Ia merasa terganggu sekali. Usut punya usut ternyata para pemudik yang membawa mobil itu sengaja membunyikan alarm untuk menarik perhatian para tetangganya. Alarm yang berbunyi belasan detik itu tidak segera dimatikan. Jadilah para tetangga mau tidak mau menengok mobil siapa yang berbunyi itu. Aku tertawa mendengar ceritanya. Kubilang kepada temanku itu, itulah gaya hidup orang kota yang kampungan. Temanku ikut tertawa meskipun dalam hatinya ia masih jengkel, terganggu dengan musik alarm mobil yang sama sekali tidak merdu itu. [more...]


Thursday, 01 May 2014
KISAH PELANCONG

KISAH PELANCONG

Tahukah kalian, bangsa Indonesia makin besar, tetapi kualitas kebangsaan dan nasionalismenya makin mengecil? Aku sangat sedih melihat kenyataan ini. Kisah-kisah yang akan kuungkapkan berikut ini adalah sedikit bukti yang menunjukkan bahwa bangsa kita jauh dari berdikari.

KISAH MRT
Temanku pulang dari melancong Singapura. Dengan bangganya dia cerita bahwa naik MRT di Singapura itu enak sekali, tidak seperti di Indonesia. Aku dengarkan semua cerita itu secermat-cermatnya. Setelah ia bercerita berapi-api, aku bertanya sambil tersenyum, "Pernahkah kamu naik KRL atau KRD di Indonesia?"
Temanku terperanjat. Ia terdiam. Kepalanya menggeleng. Kemudian aku berkata, "Kalau begitu, kenapa kau bilang naik MRT lebih enak daripada naik kereta komuter di Indonesia?"
Temanku itu wajahnya seketika merah padam. Tapi mulutnya kemudian terdiam. Semoga terdiam selamanya. [more...]


Wednesday, 26 Feb 2014
PEMILIHAN LANGSUNG

PEMILIHAN LANGSUNG

Pada saat aku menulis artikel "Presiden Dipilih Langsung" tahun 1997 yang lalu di sebuah harian Yogyakarta, tidak pernah kubayangkan hasilnya akan seperti ini. Bukan pemilu seperti sekarang ini yang kubayangkan dulu. Mungkin yang terjadi saat ini adalah hasil dari konsep reformasi. Aku dari dulu tidak setuju reformasi. Bagiku lebih masuk akal revolusi. Indonesia adalah sebuah bangsa yang berbeda dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Tidak bisa mengadopsi konsep reformasi ala barat. Orang Indonesia harus dipaksa untuk berubah, meskipun pemaksaan itu dilakukan dengan damai. Indonesia membutuhkan perubahan cepat.


[more...]


Wednesday, 06 Nov 2013
CARA GAMPANG MENATA PASAR

CARA GAMPANG MENATA PASAR

 

Aku menulis artikel ini karena aku adalah pengunjung tetap pasar tradisional sejak aku lahir sampai usiaku hampir kepala empat sekarang. Nenekku adalah pedagang pasar tradisional, sejak balita aku sudah diajak menetap di pasar. Ketika aku duduk di bangku SD sampai SMA, aku selalu membantu ibuku belanja di pasar tradisional. Ibuku hanya seorang PNS yang gajinya pas-pasan (jaman Soeharto dulu), sehingga supaya gaji cukup untuk hidup sebulan, mau tidak mau harus belanja barang kebutuhan ke pasar tradisional. Setelah itu, sejak kuliah aku harus mandiri. Uang saku pas-pasan membuat aku harus berburu barang kebutuhan ke pasar. Sampai dengan saat ini, ketika aku sudah menjadi "pengusaha" pun aku masih rutin naik motor ke pasar tradisional untuk mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari. Rumahku hanya berjarak 700 meter dari pasar tradisional.

[more...]


Monday, 17 Sep 2012
LEBARAN ATAU PEMBANTAIAN?

LEBARAN ATAU PEMBANTAIAN?

 

Jika Lebaran tiba, orang lain mungkin bergembira. Tapi sungguh aku berduka cita sedalam-dalamnya. Bukan Lebarannya yang membuatku berduka cita, tapi ekses negatifnya yang diciptakan manusia dengan sifat kemanusiaannya yang paling dasar : ego - serakah - konsumtif - bodoh. Setidaknya ada beberapa alasan kuat yang membuatku berduka cita seperti ini dan semoga kalian dapat memahami dengan logika yang paling sederhana.

[more...]


1

Wednesday, 25 Jul 2018

 

MENGAWALI SEMESTER 2 TAHUN 2018

PELATIHAN KEPEMIMPINAN & MANAJERIAL BPR

 

 Tidak dapat dimungkiri, maju mundurnya sebuah perusahaan ditentukan oleh level kepemimpinan dan manajerial para pengelola perusahaannya. Untuk dapat memimpin dengan baik, seseorang harus mengetahui dan memahami posisinya. Sedangkan untuk mengelola perusahaan dengan baik, seseorang harus menguasai wawasan dan ketrampilan manajerial sesuai dengan jabatannya dan karakteristik perusahaannya.

 

Dalam rangka meningkatkan kualitas kepemimpinan dan manajerial pada bank perkreditan rakyat, BANKERS INSTITUTE menyelenggarakan pelatihan khusus kepemimpinan dan manajerial BPR pada tanggal 14 Juli 2018 yang lalu di Hotel de Laxston Yogyakarta.

Tuesday, 24 Jul 2018

 

ULTAH KE-41, LAUNCHING BUKU:

I WANT YOU…! 8 Interpersonal Skills Yang Dibutuhkan Big Boss

 

 

Apa yang Anda lakukan jika merasa jengkel dan kecewa? Ujung-ujungnya pasti marah bukan? Apalagi jika Anda sudah menginvestasikan uang yang tidak sedikit namun tidak mendapatkan SDM (sumber daya manusia) yang dibutuhkan.

Namun berbeda dengan SURYONO EKOTAMA. Ia santai-santai saja dan melampiaskan kejengkelannya dengan menulis buku ini I WANT YOU…! 8 Interpersonal Skills Yang Dibutuhkan Big Boss.

“Buku ini saya tulis supaya para pelamar kerja dan karyawan itu memiliki 8 interpersonal skills yang dibutuhkan boss. Jadi kami mudah memberinya pekerjaan…”, katanya.

Monday, 23 Jul 2018

VALENTINE DAY 2018,

LAUNCHING BUKU MATINYA PERUSAHAAN GARA-GARA S.O.P.

 

 

 

Tidak mau kalah dengan anak muda masa kini, SURYONO EKOTAMA juga merayakan Valentine Day dengan caranya sendiri yang cukup unik dan mungkin satu-satunya di dunia. Ia meluncurkan buku berjudul MATINYA PERUSAHAAN GARA-GARA S.O.P. Merayakan Valentine Day kok meluncurkan buku, judulnya mengerikan pula? Ketika dikonfirmasi tentang hal tersebut, SURYONO EKOTAMA tertawa:

“Itu karena saya sayang sama pengusaha-pengusaha yang sedang berusaha secara sungguh-sungguh memperbaiki manajemen perusahaannya dan selama ini justru tertipu oleh buku-buku cara membuat SOP abal-abal…”

Setelah ditelusuri di pasaran, memang banyak buku-buku SOP yang isinya hanya saduran buku-buku SOP lainnya yang disusun oleh penulis yang tidak berkompeten dibidangnya (tidak memiliki perusahaan, belum pernah membuat dan menerapkan SOP, tetapi menyusun buku tentang pedoman membuat SOP). Ketika pedoman itu diterapkan oleh pembaca buku, hasilnya adalah SOP yang kontraproduktif, bahkan bisa mematikan perusahaannya.

Copyright 2009 - 2018 :: ekotama. All Rights Reserved.