.:: Selamat Datang di Website Suryono Ekotama ::.
Tuesday, 19 Mar 2019
Perjanjian Waralaba
mutia
Halo Bapak Ekotama, Saya Mutia, saat ini saya sedang menyusun kontrak perjanjian waralaba untuk lomba contract drafting. Saya telah membaca buku bapak yang berjudul rahasia kontrak franchise, buku tersebut sangat bermanfaat untuk membimbing saya dal
Konsultasi Ekotama
Tuesday, 25 Jul 2017
INTEGRITAS
INTEGRITAS Apakah Anda pernah mengalami kejadian seperti ini? 1.Ada karyawan yang bertabiat buruk, selalu terlambat masuk kantor, mengantuk (sesekali hingga tertidur) di kantor, malas-malasan pada jam kerja, bahkan menggunakan jam kerja untuk melak
Pengunjung Saat ini: 3
Total Pengunjung: 1042099

Buku Bisnis Ekotama


posting date : Friday, 30 Oct 2015


Buku ini merupakan buku terbaru tentang SOP (Standard Operating Procedure) yang diterbitkan Suryono Ekotama. Sebagaimana kita ketahui bersama, buku SOP karya Suryono Ekotama selalu laris manis dan diburu pembaca. Bahkan sampai buku tersebut habis pun masih banyak pembaca yang rela menunggu untuk mendapatkan bukunya. Mengapa demikian? Sebab buku SOP karya Suryono Ekotama merupakan buku SOP yang paling mudah dipahami dan diaplikasikan. Penyebabnya tidak lain karena disusun oleh Suryono Ekotama yang notabenenya seorang pengusaha, membuat sistem sendiri, menerapkan sistem sendiri, mengembangkan sistem sendiri dan menuliskan pengalamannya tersebut dalam bukunya. Sehingga buku SOP karya Suryono Ekotama paling masuk akal untuk diaplikasikan di perusahaan. Apalagi ditunjang dengan gaya bahasa sederhana, sehingga dapat dimengerti siapa saja.


posting date : Friday, 30 Oct 2015


Mengapa KARYAWAN HARUS MENJADI ASET?

Banyak karyawan mengeluh karena kesejahteraannya terbatas. Apakah benar karyawan kesejahteraannya terbatas? Ternyata tidak...! Karyawan yang mampu menunjukkan prestasi kerja bagus, kesejahteraannya melimpah. Bahkan banyak yang akhirnya pensiun dan mendapatkan saham perusahaan. Kok bisa ya, ada karyawan yang kesejahteraannya terbatas dan suka demonstrasi, dan disisi lain ada karyawan yang kesejahteraannya melimpah? Jawabannya adalah: karyawan yang kesejahteraannya melimpah itu mampu mengubah dirinya sendiri (atau bersedia diubah oleh atasan/perusahaan) menjadi asset bagi perusahaan. Karyawan yang sudah menjadi asset istilah kerennya key person, kesejahteraannya pasti melimpah. Bahkan dapat dikatakan ia tidak perlu memikirkan apapun selain bekerja, karena semua kebutuhannya dicukupi oleh perusahaan. Saat ini sangat sulit mencari dan mendapatkan karyawan tipe ini. Kebanyakan calon karyawan 


posting date : Friday, 30 Oct 2015


Mengapa harus TRIK JITU JUAL DIRI?

Mungkinkah Anda memberi pekerjaan atau rejeki kepada orang yang tidak Anda kenal? Tentu tidak, bukan? Itulah gunanya kita JUAL DIRI. Jual Diri disini artinya kita mampu menawarkan potensi diri kita kepada orang lain, untuk ditukar dengan upah atau rejeki lainnya. Mayoritas orang gagal bukan karena pendidikannya atau asal usulnya, tetapi karena ia tidak mampu menjual potensi dirinya dengan baik. Contoh: orang yang putus sekolah bisa menjadi pengusaha sukses, bahkan konglomerat, karena ia mampu menjual potensi diri dan perusahaannya kepada konsumen dan pelanggan. Sementara lulusan sarjana atau pascasarjana justru banyak yang menganggur, karena tidak mampu menjual potensi dirinya kepada perusahaan yang membutuhkan. Padahal setiap hari perusahaan-perusahaan itu membuka lowongan kerja. Didalam buku ini Anda akan mendapatkan pencerahan, bagaimana cara menawarkan potensi diri supaya dibeli orang lain.


posting date : Friday, 30 Oct 2015


Mengapa harus SUKSES MENEMBUS SELEKSI KARYAWAN?

Karena pengangguran di Indonesia mencapai jutaan jiwa. Untuk mendapatkan satu pekerjaan, para pencari kerja harus bersaing dengan ribuan orang lainnya. Jika tidak memiliki trik khusus, maka para pelamar seringkali langsung gagal. Lamarannya langsung masuk ke tempat sampah tanpa pernah dibaca oleh recruiter.Buktinya, banyak pelamar melamar berkali-kali tanpa pernah dipanggil sekalipun untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

 


posting date : Sunday, 22 Mar 2015


RAHASIA SUKSES SELEKSI WAWANCARA

Mengapa RAHASIA SUKSES SELEKSI WAWANCARA?
Karena mayoritas pencari kerja gagal menjalani tes interview (seleksi wawancara) hanya karena hal-hal yang sepele. Buku ini membuka mata kita bahwa hal-hal yang sepele itu seringkali kita sepelekan dan akhirnya justru berperan penting dalam kegagalan kita mendapatkan pekerjaan. Buku ini sekaligus membuat kita makin menghargai hal-hal sepele yang justru bisa menyumbang kesuksesan terbesar kita.


posting date : Tuesday, 04 Sep 2012


 

"Mengapa 10 Rahasia Bisnis Franchise?"


Sebab tidak semua orang paham bagaimana cara mengembangkan bisnis yang sudah didirikan dengan menggunakan sistem franchise. Mayoritas justru mencampuradukkan antara sistem konvensional dengan sistem franchise, bahkan ada yang mencampuradukkan antara sistem MLM dengan sistem franchise. Padahal sistem franchise tidak dapat dicampuradukkan dengan sistem pengembangan bisnis lainnya. Inilah yang membuat sistem franchise disebut-sebut sebagai bisnis dengan jaminan keberhasilan diatas 75%. Buku ini adalah buku yang membahas sistem franchise murni. Mengembangkan bisnis dengan sistem franchise murni itu mudah sekali, hanya melalui 10 tahapan saja, sehingga judul buku ini : 10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE.

 


posting date : Friday, 27 Jan 2012


"Mengapa KORUPSI DENGAN HATI? Apakah saya mengajak Anda untuk korupsi?"

Saya tidak mengajak Anda untuk korupsi. Justru saya mengajak Anda untuk memusnahkan budaya korupsi dan makhluk koruptornya. Ungkapan KORUPSI DENGAN HATI muncul karena banyaknya perilaku korup yang tidak terdeteksi. Begitu muncul di permukaan sudah parah. Negara dirugikan, perusahaan bisa bangkrut. Oleh karena itu, judul buku ini saya lengkapi dengan subjudul, sehingga terbaca lengkap : KORUPSI DENGAN HATI : Mengantisipasi Kerugian Perusahaan & Instansi.

Pada Bagian Prolog buku KORUPSI DENGAN HATI : Mengantisipasi Kerugian Perusahaan & Instansi ini, diungkapkan tentang apa dan bagaimana budaya korupsi itu terjadi. Anda akan mudah memahami, mengapa korupsi sulit diberantas dan apa saja jenis korupsi yang lazim dilakukan di Indonesia.


posting date : Monday, 18 Apr 2011


"Apa Perbedaan Kontrak Kerjasama Usaha Biasa dengan Kontrak Franchise?"

Mungkin Anda tidak pernah menyangka bahwa keduanya berbeda. Inilah yang mengakibatkan banyak franchisee terjebak pada kontrak kerjasama usaha biasa, padahal semula ia mengira telah menandatangani kontrak franchise. Tentu saja potensi kerugian besar makin mengancam dirinya akibat ketidaktahuan ini.

Pada Bagian Pembuka dan Bab 1 buku RAHASIA KONTRAK FRANCHISE ini diungkapkan tentang apa yang dimaksud dengan kontrak kerjasama usaha biasa dan kontrak franchise. Anda akan mudah mengetahuinya beserta kelebihan dan kelemahan masing-masing, sehingga diharapkan Anda tidak tersesat dan tidak terjebak pada kerugian tiada berujung.

 


posting date : Sunday, 29 Aug 2010


"Mengapa Usaha Biasa Selalu Kalah Bersaing dengan Usaha Bersistem?"

Jika kita perhatikan akhir-akhir ini, disekitar rumah kita bermunculan usaha-usaha baru yang terlihat lebih profesional. Tempat usahanya terlihat lebih bersih, nyaman untuk pengunjung dan sistem transaksinya sangat singkat. Usaha-usaha baru ini disatu sisi disayang masyarakat konsumen karena memanjakan konsumen, namun disisi lain dibenci pemilik usaha biasa dan pemerintah setempat yang cara berpikirnya ketinggalan jaman karena dianggap menggusur eksistensi pengusaha kecil. Benarkah demikian? Anda akan menemukan jawabannya dalam buku ini.

Pada Bagian Pembuka buku CARA GAMPANG BIKIN SOP ini diungkapkan tentang apa yang dimaksud usaha biasa, usaha bersistem, beserta keunggulan dan kelemahannya masing-masng. Pembaca akan merasa asyik memahami pembahasan ini karena diajak tour kuliner oleh penulis.


posting date : Tuesday, 27 Jul 2010


"Mengapa Harus Memilih Bisnis Franchise?


Selama ini banyak orang ingin berwirausaha, namun bingung karena tidak memiliki kemampuan manajerial yang memadai. Membuka bisnis memang gampang, tetapi mengelola dan mempertahankannya itu yang sulit. Tidak heran jika ada pemeo yang mengatakan bisnis yang didirikan sendiri itu 75% gagal di tahun pertamanya.

Untuk mengantisipasi kegagalan yang tidak perlu itu, saat ini sudah tersedia sistem franchise. Para pengusaha tida harus memulai dari nol, tetapi langsung dapat memperoleh bisnis yang tumbuh dan berkembang. Sistem franchise saat ini sudah teruji sebagai sistem bisnis yang menguntungkan.

Pada Bagian Pembuka buku JURUS JITU MEMILIH BISNIS FRANCHISE ini diungkapkan tentang apa yang dimaksud bisnis franchise, franchisor, franchisee, master franchise, perjanjian franchise, outlet/gerai/workshop, penggunaan teknologi informasi dalam bisnis franchise serta ketentuan hukum bisnis franchise di Indonesia.

 


page
1 2 NEXT

Thursday, 04 Apr 2019

HAK

 

Di negara demokrasi, memilih dan dipilih dalam sebuah event pemilu adalah HAK, bukan kewajiban. Setiap warga negara memiliki HAK UNTUK DIPILIH menjadi pemimpin bangsa, kecuali yang haknya dicabut oleh pengadilan karena tindak pidana yang dilakukannya. Sebaliknya, setiap warga negara juga memiliki HAK UNTUK MEMILIH pemimpin bangsa yang dapat mensejahterakan dirinya. Dengan demikian, pemilu diharapkan menjadi sebuah kontestasi yang adil dan bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.

Namun ada saja kelakuan orang-orang yang tidak memahami demokrasi. Pikiran mereka terpapar oleh paham otoritarian (meskipun mereka mengingkarinya). Namun fakta yang terjadi secara kasat mata menggambarkan hal itu. Mereka dengan segala kewenangan dan jabatan yang melekat pada dirinya "memaksakan kehendak" kepada orang lain, mengubah hak menjadi kewajiban. Menurut paham mereka ini, memilih adalah kewajiban warga negara. Jika warga negara tidak melaksanakan "kewajiban" (versi mereka itu) dapat terkena sanksi. Begitu mereka menyebutkan sanksi, mereka tidak hanya "memaksakan kehendak" saja, tetapi juga "mengancam". Tentu saja ancaman ini muncul lagi-lagi karena kewenangan dan jabatan yang melekat pada dirinya. Tanpa kewenangan dan jabatan yang melekat pada dirinya itu, mereka bukanlah siapa-siapa, tidak memiliki kemampuan memaksakan kehendak dan mengancam warga negara lainnya.

Friday, 15 Mar 2019

KEPRIBADIAN KONTESTAN PEMILU

Pemilu akan dilaksanakan sebulan lagi. Apakah Anda sudah memiliki pilihan? Siapa yang Anda pilih? Apa pertimbangannya? Apakah hanya semata karena kesamaan golongan dan kesamaan kepentingan? Ataukah ada pertimbangan lain yang lebih beradab?

Sebenarnya ada satu hal yang seharusnya menjadi pertimbangan utama kita untuk memilih kontestan pemilu, yakni kepribadiannya. Kepribadian sangat penting artinya karena menjadi dasar berpikir dan bertindak bagi seseorang. Jika kita memberikan kekuasaan kepada orang yang berkepribadian buruk, maka nasib bangsa ini bisa buruk. Sebaliknya, jika kita memberikan kekuasaan kepada orang yang berkepribadian baik, nasib bangsa ini bisa lebih baik.
Darimana kita menilai kepribadian kontestan pemilu? Caranya sangat mudah, yakni dengan melihat apa yang mereka lakukan selama menjadi kontestan pemilu. Kepribadian mereka tercermin dari pikiran dan tindakannya. Pikiran negatif dan tindakan yang tidak bermanfaat bagi masyarakat cerminan dari kepribadian yang buruk. Pikiran positif dan tindakan yang bermanfaat bagi masyarakat mencerminkan kepribadian yang baik.

Dalam menentukan baik buruknya kepribadian kontestan pemilu, indikator umum yang kita gunakan sebagai pedoman adalah:
1. Tidak melanggar peraturan (hukum positif Indonesia)
2. Tidak mengganggu kepentingan umum
3. Mengutamakan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan
4. Sopan dan beretika

Wednesday, 25 Jul 2018

 

MENGAWALI SEMESTER 2 TAHUN 2018

PELATIHAN KEPEMIMPINAN & MANAJERIAL BPR

 

 Tidak dapat dimungkiri, maju mundurnya sebuah perusahaan ditentukan oleh level kepemimpinan dan manajerial para pengelola perusahaannya. Untuk dapat memimpin dengan baik, seseorang harus mengetahui dan memahami posisinya. Sedangkan untuk mengelola perusahaan dengan baik, seseorang harus menguasai wawasan dan ketrampilan manajerial sesuai dengan jabatannya dan karakteristik perusahaannya.

 

Dalam rangka meningkatkan kualitas kepemimpinan dan manajerial pada bank perkreditan rakyat, BANKERS INSTITUTE menyelenggarakan pelatihan khusus kepemimpinan dan manajerial BPR pada tanggal 14 Juli 2018 yang lalu di Hotel de Laxston Yogyakarta.

Copyright 2009 - 2019 :: ekotama. All Rights Reserved.