.:: Selamat Datang di Website Suryono Ekotama ::.
Wednesday, 08 Aug 2018
Konsultan SOP
Tahir
Assalamualaikum, Apa kabar mas Suryono Ekotama. Saya sudah membeli beberapa buku yg mas  Eoko tulis yg berhubungan dg S.O.P dan sudah sy laksanakan di tempat usaha saya. Kebetulan sy dulu pernah bekerja juga di PT. TAM ( Toyota Astra Motor) di
Konsultasi Ekotama
Tuesday, 25 Jul 2017
INTEGRITAS
INTEGRITAS Apakah Anda pernah mengalami kejadian seperti ini? 1.Ada karyawan yang bertabiat buruk, selalu terlambat masuk kantor, mengantuk (sesekali hingga tertidur) di kantor, malas-malasan pada jam kerja, bahkan menggunakan jam kerja untuk melak
Pengunjung Saat ini: 2
Total Pengunjung: 963335

PENGANTAR

 

SURYONO EKOTAMA dilahirkan dengan darah seni. Ayahnya adalah seseorang yang mampu memainkan gamelan Jawa dengan baik. Ayahnya juga seorang pengarang lagu-lagu Jawa. Hasil karya ayahnya sering dipentaskan di instansi tempat ayahnya bekerja sebelum pensiun. Bahkan setelah pensiun, ayahnya masih menerima kursus privat bagi grup-grup kesenian Jawa yang akan berlomba.

Sebagai seseorang yang dilahirkan pada bulan Maret, bakat seninya ini sudah tampak semenjak ia muda. Semasa duduk di bangku SMP dulu hingga saat ini ia masih suka menulis puisi dan cerita-cerita panjang seperti novel remaja meski tidak pernah diterbitkan. Ketika duduk dibangku SMA, ia bahkan menjadi drummer sebuah grup band sambil tetap menekuni dunia tulis menulisnya. Dan saat ini ia malah hidup dengan hobbynya menulis. Tulisan-tulisannya saat ini bertema hukum atau bisnis sesuai dengan spesialisasinya.

Didalam urat nadiku mengalir alunan musik nan lembut yang terkadang menghentak-hentak seakan-akan meruntuhkan jantungku dalam sekejap. Aliran jiwa itu membuat mataku melihat dunia dengan penuh keindahan, membuat telingaku selalu mendengar senandung rindu kehidupan, membuat tanganku mencipta harapan dan realita, dan menuntun kakiku melangkah menuju peraduan.

(Ekotama, Agustus 2009)

Panduan berbagai macam kemampuannya dalam bidang bisnis, hukum, tulis menulis dan kemampuannya menjadi pembicara ini justru melahirkan suatu hasil karya yang unik. Karya-karyanya dipuji banyak orang sebagai karya yang orisinil, baik dalam hal pemikiran maupun cara penyampaiannya. Ia mendapatkan pangsa pasarnya tersendiri. Hal ini sudah terbukti dari ribuan orang yang telah memiliki dan membaca buku-bukunya serta mengikuti dan mendengar ceramahnya.

Karya seni yang menjadi masterpiece dan tidak ternilai harganya itu karena dibuat dari curahan hati yang paling dalam dan dikemas dengan ketrampilan menyampaikan pesan yang tidak pernah dilakukan orang lain sebelumnya. (Ekotama, Agustus 2009).

(Ekotama, Agustus 2009)

SURYONO EKOTAMA seringkali menyampaikan pesan secara tersirat dalam sebuah kalimat yang berbau puitis. Ia memiliki alasan-alasan tersendiri mengapa harus menyampaikan suatu pesan tidak sevulgar sarjana hukum lainnya. Menurutnya, setiap orang memiliki kebutuhan dan hak untuk dihormati. Menyampaikan maksud secara halus justru dapat mengena di hati dibandingkan dengan menyampaikan apa adanya.

Yang terpenting dari sebuah pesan adalah orang yang menerima pesan itu harus mampu memahami pesan itu sebagaimana maksud pemberi pesannya, meskipun kita harus menyampaikannya sesuai dengan kehendak hati si penerima pesan (Ekotama, Agustus 2009).

(Ekotama, Agustus 2009)

Mungkin kemampuannya inilah yang menyebabkan ia mampu menjadi seorang motivator dan mampu menguasai panggung ketika berbicara didepan forum. Bahkan audiensnya sampai dengan saat ini tercatat 90% adalah orang-orang yang lebih pantas disebut sebagai orang tuanya karena usia mereka yang jauh lebih tua dan lebih berpengalaman dibanding dirinya. Tentu tidak mudah membuat audiens terpana dengan perbandingan usia seperti itu mengingat materi-materi yang disampaikannya adalah materi-materi dasar tentang kehidupan dan kemandirian.


Ia berhasil mengemas apa yang ingin disampaikannya dengan kemasan yang menarik. Kemasan inilah yang membuat banyak orang yang lebih tua membeli produknya yang dapat dikatakan masih sangat muda. Ia berhasil membuktikan kepada kita bahwa menyampaikan sebuah pesan itu membutuhkan seni kemasan. Kemasan ini mungkin tidak dapat kita adopsi dari orang lain, melainkan harus lahir dari kemampuan daya cipta kita supaya memiliki ciri khas yang menjual.


Akhirnya, Anda mendapatkan kehormatan pertama untuk dapat membaca dan memahami pesan-pesan kehidupan dan kemandirian yang ingin disampaikan oleh Suryono Ekotama melalui website ini. Kalimat-kalimat yang disusunnya bernada puitis, namun menyimpan makna yang dalam. Tentu saja pesan-pesan ini bukanlah untuk menyindir atau menjatuhkan seseorang. Namun merupakan sebuah ungkapan yang dapat masuk kedalam kalbu kita untuk mengetahui sebuah kebenaran tentang kehidupan dan kemandirian.

 

 

 

 

Wednesday, 25 Jul 2018

 

MENGAWALI SEMESTER 2 TAHUN 2018

PELATIHAN KEPEMIMPINAN & MANAJERIAL BPR

 

 Tidak dapat dimungkiri, maju mundurnya sebuah perusahaan ditentukan oleh level kepemimpinan dan manajerial para pengelola perusahaannya. Untuk dapat memimpin dengan baik, seseorang harus mengetahui dan memahami posisinya. Sedangkan untuk mengelola perusahaan dengan baik, seseorang harus menguasai wawasan dan ketrampilan manajerial sesuai dengan jabatannya dan karakteristik perusahaannya.

 

Dalam rangka meningkatkan kualitas kepemimpinan dan manajerial pada bank perkreditan rakyat, BANKERS INSTITUTE menyelenggarakan pelatihan khusus kepemimpinan dan manajerial BPR pada tanggal 14 Juli 2018 yang lalu di Hotel de Laxston Yogyakarta.

Tuesday, 24 Jul 2018

 

ULTAH KE-41, LAUNCHING BUKU:

I WANT YOU…! 8 Interpersonal Skills Yang Dibutuhkan Big Boss

 

 

Apa yang Anda lakukan jika merasa jengkel dan kecewa? Ujung-ujungnya pasti marah bukan? Apalagi jika Anda sudah menginvestasikan uang yang tidak sedikit namun tidak mendapatkan SDM (sumber daya manusia) yang dibutuhkan.

Namun berbeda dengan SURYONO EKOTAMA. Ia santai-santai saja dan melampiaskan kejengkelannya dengan menulis buku ini I WANT YOU…! 8 Interpersonal Skills Yang Dibutuhkan Big Boss.

“Buku ini saya tulis supaya para pelamar kerja dan karyawan itu memiliki 8 interpersonal skills yang dibutuhkan boss. Jadi kami mudah memberinya pekerjaan…”, katanya.

Monday, 23 Jul 2018

VALENTINE DAY 2018,

LAUNCHING BUKU MATINYA PERUSAHAAN GARA-GARA S.O.P.

 

 

 

Tidak mau kalah dengan anak muda masa kini, SURYONO EKOTAMA juga merayakan Valentine Day dengan caranya sendiri yang cukup unik dan mungkin satu-satunya di dunia. Ia meluncurkan buku berjudul MATINYA PERUSAHAAN GARA-GARA S.O.P. Merayakan Valentine Day kok meluncurkan buku, judulnya mengerikan pula? Ketika dikonfirmasi tentang hal tersebut, SURYONO EKOTAMA tertawa:

“Itu karena saya sayang sama pengusaha-pengusaha yang sedang berusaha secara sungguh-sungguh memperbaiki manajemen perusahaannya dan selama ini justru tertipu oleh buku-buku cara membuat SOP abal-abal…”

Setelah ditelusuri di pasaran, memang banyak buku-buku SOP yang isinya hanya saduran buku-buku SOP lainnya yang disusun oleh penulis yang tidak berkompeten dibidangnya (tidak memiliki perusahaan, belum pernah membuat dan menerapkan SOP, tetapi menyusun buku tentang pedoman membuat SOP). Ketika pedoman itu diterapkan oleh pembaca buku, hasilnya adalah SOP yang kontraproduktif, bahkan bisa mematikan perusahaannya.

Copyright 2009 - 2018 :: ekotama. All Rights Reserved.