.:: Selamat Datang di Website Suryono Ekotama ::.
Thursday, 02 May 2019
Permohonan Sharing Knowledge
Muhammad Alfis Budi Sanjaya
Selamat Sore Apakah memungkinkan, kami mengundang Bapak untuk melakukan Sharing Knowledge di Perusahaan? Terima kasih Best Regards Muhammad Alfis
Konsultasi Ekotama
Tuesday, 25 Jul 2017
INTEGRITAS
INTEGRITAS Apakah Anda pernah mengalami kejadian seperti ini? 1.Ada karyawan yang bertabiat buruk, selalu terlambat masuk kantor, mengantuk (sesekali hingga tertidur) di kantor, malas-malasan pada jam kerja, bahkan menggunakan jam kerja untuk melak
Pengunjung Saat ini: 7
Total Pengunjung: 1052775

Tuesday, 04 Sep 2012

10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE


"Mengapa 10 Rahasia Bisnis Franchise?"


Sebab tidak semua orang paham bagaimana cara mengembangkan bisnis yang sudah didirikan dengan menggunakan sistem franchise. Mayoritas justru mencampuradukkan antara sistem konvensional dengan sistem franchise, bahkan ada yang mencampuradukkan antara sistem MLM dengan sistem franchise. Padahal sistem franchise tidak dapat dicampuradukkan dengan sistem pengembangan bisnis lainnya. Inilah yang membuat sistem franchise disebut-sebut sebagai bisnis dengan jaminan keberhasilan diatas 75%. Buku ini adalah buku yang membahas sistem franchise murni. Mengembangkan bisnis dengan sistem franchise murni itu mudah sekali, hanya melalui 10 tahapan saja, sehingga judul buku ini : 10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE.

 


"Apa saja 3 tahapan pengusaha dapat disebut sebagai pengusaha sukses?"

Banyak orang salah paham bahkan sama sekali tidak memahami alur menjadi pengusaha sukses yang benar. Mayoritas pengusaha pemula di Indonesia hanya ingin kaya, ingin terkenal dan ingin cepat berfoya-foya. Padahal pengusaha itu adalah pengorbanan seumur hidup untuk memperkaya orang lain, bukan untuk memperkaya diri sendiri.

Pada bagian Prolog / Pembuka buku 10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE ini, Anda akan mendapatkan jawabannya. Disini diuraikan tentang 3 tahap utama yang harus dilalui seorang pengusaha untuk mencapai kesuksesan dalam arti yang sebenarnya. Anda pasti akan terbelalak mengetahui bahwa posisi Anda saat ini ternyata masih di posisi paling dasar saja alias belum kemana-mana.

 

"Apa dan bagaimana cara menentukan BIDANG USAHA?"


Banyak orang salah kaprah memulai usaha dengan mencontek bisnis yang sudah berjalan dan laris manis. Bisnis seperti ini memang akan menghasilkan dalam waktu singkat tetapi dapat mati secara cepat juga. Oleh karena itu, jika Anda berniat untuk mengembangkan bisnis suatu saat nanti dengan sistem franchise, ada satu hal yang harus Anda persiapkan dari awal, yakni menentukan bidang usaha Anda secara jelas.

Rahasia#1 buku 10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE ini, membahas tentang arti pentingnya Anda menetapkan bidang usaha dan apa fungsinya bagi bisnis yang akan Anda kembangkan dengan sistem franchise. Ada 4 arti penting Anda harus menetapkan bidang usaha yang jelas. Ada 18 bidang usaha yang dapat Anda tekuni untuk dikembangkan dengan sistem franchise. Anda juga diberi bonus berupa uraian tentang perbedaan antara bidang usaha dengan jenis usaha.

 


"Apa & bagaimana cara menetapkan SPESIALISASI USAHA?"


Ibarat dokter, maka dokter yang berpotensi untuk kaya dan terkenal adalah dokter spesialis. Sedangkan dokter umum biasanya hanya bertugas di Puskesmas atau rumah sakit tapi tidak pernah memegang peran yang strategis. Dalam dunia bisnis juga berlaku hal yang sama. Bisnis yang berpotensi untuk besar dan menguntungkan dalam jangka panjang adalah bisnis yang memiliki spesialisasi tertentu, bukan bisnis yang menerapkan prinsip palugada (apa loe mau gue ada).

Rahasia#2 buku 10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE ini, membahas tentang arti pentingnya spesialisasi usaha bagi usaha yang akan dikembangkan dengan sistem franchise serta bagaimana cara membuat spesialisasi usaha ini secara mudah. Ada 4 arti penting menetapkan spesialisasi usaha bagi bisnis yang akan dikembangkan dengan sistem franchise dan ada 3 syarat menetapkan spesialisasi usaha supaya dapat dijadikan dasar bagi berkembangnya bisnis franchise.

 


"Apa & bagaimana MENDIRIKAN USAHA?"

Banyak motivator ngawur memberikan motivasi kepada pengangguran atau orang yang sedang bingung dengan masa depannya dengan mengatakan bahwa mendirikan bisnis itu gampang, bahkan bisa dilakukan dengan modal dengkul sekalipun. Akhirnya jumlah populasi pengusaha UMKM (usaha mikro, kecil, menengah) di Indonesia mencapai lebih dari 50 juta unit dan ini meningkat terus dari tahun ke tahun. Tapi dari sekian banyak pengusaha UMKM itu hanya sedikit sekali yang menjelma menjadi pengusaha besar dan mampu memakmurkan negara ini.

Rahasia#3 buku 10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE ini, membahas tentang arti pentingnya Anda mendirikan usaha dengan pertimbangan yang matang dan bagaimana caranya mendirikan usaha yang dapat dikembangkan dengan sistem franchise. Ada 3 arti penting Anda mendirikan usaha dengan benar sebelum di-franchise-kan dan ada 6 cara mendirikan usaha yang layak untuk di-franchise-kan. Di bagian akhir bab ini Anda juga mendapatkan penjelasan secara garis besar 7 tahap mem-franchise-kan usaha yang dapat diterapkan dengan mudah.

 

 

"Apa & bagaimana menetapkan STANDAR KERJA untuk usaha yang di-franchise-kan?"


Franchise itu selalu identik dengan standar. Standar yang dibahas pertama kali disini adalah standar kerja. Jadi, Anda harus mengalami sendiri peralihan dari cara kerja konvensional biasa, cara kerja konvensional professional sampai dengan cara kerja standar franchise.

Rahasia#4 buku 10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE ini, membahas tentang arti penting standarisasi pekerjaan dan bagaimana cara menetapkan standar kerja yang produktif. Ada 4 arti penting standar kerja sebagai dasar bisnis franchise dan 4 cara melakukan standarisasi pekerjaan yang mudah untuk Anda terapkan.

 

 

"Apa & bagaimana menetapkan STANDAR PERALATAN & PERLENGKAPAN KERJA pada bisnis franchise?"


Bisnis franchise menjamin mutu hasil kerja (produk) yang dijual ke konsumen. Untuk menjaga mutu hasil kerja ini, diperlukan standarisasi peralatan dan perlengkapan kerja yang dapat diterapkan diseluruh wilayah sebaran outlet franchise-nya.

Rahasia#5 buku 10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE ini, membahas tentang arti penting standarisasi peralatan & perlengkapan kerja serta bagaimana cara menetapkan standarisasi peralatan & perlengkapan kerja untuk bisnis yang di-franchise-kan. Ada 4 arti penting melakukan standarisasi peralatan & perlengkapan kerja dan 5 cara melakukan standarisasi peralatan & perlengkapan kerja yang mudah diterapkan.

 

 

"Apa & bagaimana melakukan SET-UP MANAJEMEN pada bisnis yang di-franchise-kan?"


Bisnis franchise dijalankan menggunakan sistem operasional, bukan menggunakan sistem komando. Salah satu syarat menjalankan bisnis dengan sistem operasional adalah kualitas sumberdaya manusia yang mumpuni dan penataan karyawan dengan tepat. Istilah kerennya the right man in the right place.

Rahasia#6 buku 10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE ini, membahas tentang arti penting melakukan set-up manajemen pada bisnis yang di-franchise-kan dan bagaimana cara melakukan set-up manajemen tersebut. Ada 4 arti penting melakukan set-up manajemen dan 6 cara melakukan set-up manajemen pada bisnis yang di-franchise-kan. Semuanya mudah untuk diterapkan.

 

 

"Apa & bagaimana menetapkan SISTEM OPERASIONAL BAKU?"


Salah satu syarat sebuah bisnis bisa di-franchise-kan adalah memiliki sistem operasional baku yang sudah teruji. Inilah yang disebut sebagai SOP (standard operating procedure). Jadi, pembuatan SOP itu merupakan tahapan ke 7 dalam bisnis franchise, bukan tahapan pertama atau kedua. Banyak orang salah kaprah membuat SOP dulu baru mendirikan bisnisnya. Yang terjadi adalah in-efektifitas dan in-efisiensi.

Rahasia#7 buku 10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE ini, membahas tentang arti penting menetapkan sistem operasional baku dan bagaimana cara melakukannya. Ada 4 arti penting SOP bagi sebuah bisnis franchise dan 5 tahapan menetapkan SOP yang penting bagi sebuah bisnis franchise.

 

 

"Apa & bagaimana menetapkan STANDAR PENAMPILAN USAHA?"


Jika Anda ketakutan melihat penampakan hantu, maka bikinlah penampakan bisnis Anda secantik mungkin, sehingga para konsumen tidak takut berbelanja di tempat usaha Anda. Itulah kata-kata bijak untuk calon franchisor. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak masih banyak franchisor pemula yang mengabaikan hal ini. Penampilan usaha dianggap sepele, sehingga dibiarkan tidak menarik. Padahal penampilan yang menarik sama saja menghemat biaya promosi namun tetap menarik minat orang untuk berbelanja.

Rahasia#8 buku 10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE ini, membahas tentang arti penting dan bagaimana cara menetapkan standar penampilan usaha Anda. Ada 4 arti penting membuat bisnis Anda tampak menarik di mata konsumen dan 4 cara yang murah meriah untuk membuat penampilan bisnis Anda menarik secara visual.

 

 

"Apa dan bagaimana membuat TRACK-RECORD usaha yang bagus?"

Salah satu syarat sebuah bisnis dapat dikembangkan dengan sistem franchise adalah telah terbukti menguntungkan. Darimana kita bisa membuktikan bahwa bisnis tersebut menguntungkan? Ingat, ramai belum tentu menguntungkan, sepi belum tentu merugikan...!

Rahasia#9 buku 10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE ini, membahas tentang arti penting dan bagaimana cara membuat track-record usaha yang bagus. Ada 4 arti penting membuat track-record yang bagus untuk sebuah bisnis franchise dan 5 cara membuat track-record usaha yang menarik minat investor untuk menanamkan investasinya.

 

 

"Apa dan bagaimana menawarkan PROSPEKTUS BISNIS kepada calon investor?"

Bisnis franchise adalah bisnis yang berkualitas. Bisnis franchise bukanlah bisnis yang dapat ditawarkan dengan selembar brosur murahan. Untuk menggaet mitra investor, diperlukan sebuah prospektus bisnis.

Rahasia#10 buku 10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE ini, membahas tentang arti penting dan bagaimana cara menawarkan bisnis franchise kepada investor menggunakan prospektus bisnis. Ada 4 arti penting membuat prospektus bisnis bagi bisnis franchise dan 5 cara menawarkan bisnis franchise dengan prospektus bisnis.

 


"Apa sajakah faktor yang dapat membuat franchisor tamat dalam sekejap mata?"

Bisnis yang dikembangkan dengan sistem franchise biasanya mendatangkan kekayaan yang luar biasa bagi para pemiliknya. Namun ego dan sifat manusia seringkali membuat bisnis ini tamat dalam sekejap mata.

Pada bagian penutup buku 10 RAHASIA BISNIS FRANCHISE ini, membahas tentang 3 faktor sepele yang membuat bisnis franchise yang sukses dapat bangkrut dalam waktu sekejap. Anda pasti akan terbelalak melihat faktanya.

 

Penerbit :  Gramedia Pustaka Utama
Alamat Penerbit  :  Kompas Gramedia Building, Blok I Lantai 5, Jl. Palmerah Barat 29 - 37 Jakarta 10270
Telp. :  - 
Website : www.gramediapustakautama.com
Data Buku : cetakan pertama tahun 2012; 173 halaman; xii

 

Buku ini masih tersedia di toko-toko buku di seluruh Indonesia, atau dapat dipesan melalui penerbit tersebut diatas.

 


Wednesday, 08 May 2019

MEMILIH & DIPILIH

 

Banyak yang menduga saya golput gara-gara menulis artikel berjudul HAK dibawah. Padahal saya menulis artikel itu untuk meluruskan paham-paham demokrasi yang menyimpang. Memilih adalah hak, bukan kewajiban. Jika memilih adalah sebuah kewajiban, pasti ketentuannya sudah tercantum dalam undang-undang yang mengikat seluruh warga negara. Hak tidak dapat dipaksakan. Jika dipaksakan, tentu saja melanggar HAM dan menimbulkan masalah baru. Semoga para elit politik yang suka memaksakan kehendak dengan menakut-nakuti rakyat untuk memilih mereka, cepat sadar dan mau belajar kembali tentang demokrasi. Untuk menjadi bagian atau pemain dari demokrasi, kita harus memahami demokrasi itu sendiri luar dalam. Para penganut machstaat (negara berdasar kekuasaan) tidak layak hidup dalam negara demokrasi dan berbahaya bagi eksistensi demokrasi itu sendiri.

Thursday, 04 Apr 2019

HAK

 

Di negara demokrasi, memilih dan dipilih dalam sebuah event pemilu adalah HAK, bukan kewajiban. Setiap warga negara memiliki HAK UNTUK DIPILIH menjadi pemimpin bangsa, kecuali yang haknya dicabut oleh pengadilan karena tindak pidana yang dilakukannya. Sebaliknya, setiap warga negara juga memiliki HAK UNTUK MEMILIH pemimpin bangsa yang dapat mensejahterakan dirinya. Dengan demikian, pemilu diharapkan menjadi sebuah kontestasi yang adil dan bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara.

Namun ada saja kelakuan orang-orang yang tidak memahami demokrasi. Pikiran mereka terpapar oleh paham otoritarian (meskipun mereka mengingkarinya). Namun fakta yang terjadi secara kasat mata menggambarkan hal itu. Mereka dengan segala kewenangan dan jabatan yang melekat pada dirinya "memaksakan kehendak" kepada orang lain, mengubah hak menjadi kewajiban. Menurut paham mereka ini, memilih adalah kewajiban warga negara. Jika warga negara tidak melaksanakan "kewajiban" (versi mereka itu) dapat terkena sanksi. Begitu mereka menyebutkan sanksi, mereka tidak hanya "memaksakan kehendak" saja, tetapi juga "mengancam". Tentu saja ancaman ini muncul lagi-lagi karena kewenangan dan jabatan yang melekat pada dirinya. Tanpa kewenangan dan jabatan yang melekat pada dirinya itu, mereka bukanlah siapa-siapa, tidak memiliki kemampuan memaksakan kehendak dan mengancam warga negara lainnya.

Friday, 15 Mar 2019

KEPRIBADIAN KONTESTAN PEMILU

Pemilu akan dilaksanakan sebulan lagi. Apakah Anda sudah memiliki pilihan? Siapa yang Anda pilih? Apa pertimbangannya? Apakah hanya semata karena kesamaan golongan dan kesamaan kepentingan? Ataukah ada pertimbangan lain yang lebih beradab?

Sebenarnya ada satu hal yang seharusnya menjadi pertimbangan utama kita untuk memilih kontestan pemilu, yakni kepribadiannya. Kepribadian sangat penting artinya karena menjadi dasar berpikir dan bertindak bagi seseorang. Jika kita memberikan kekuasaan kepada orang yang berkepribadian buruk, maka nasib bangsa ini bisa buruk. Sebaliknya, jika kita memberikan kekuasaan kepada orang yang berkepribadian baik, nasib bangsa ini bisa lebih baik.
Darimana kita menilai kepribadian kontestan pemilu? Caranya sangat mudah, yakni dengan melihat apa yang mereka lakukan selama menjadi kontestan pemilu. Kepribadian mereka tercermin dari pikiran dan tindakannya. Pikiran negatif dan tindakan yang tidak bermanfaat bagi masyarakat cerminan dari kepribadian yang buruk. Pikiran positif dan tindakan yang bermanfaat bagi masyarakat mencerminkan kepribadian yang baik.

Dalam menentukan baik buruknya kepribadian kontestan pemilu, indikator umum yang kita gunakan sebagai pedoman adalah:
1. Tidak melanggar peraturan (hukum positif Indonesia)
2. Tidak mengganggu kepentingan umum
3. Mengutamakan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan
4. Sopan dan beretika

Copyright 2009 - 2019 :: ekotama. All Rights Reserved.