.:: Selamat Datang di Website Suryono Ekotama ::.
Friday, 05 Oct 2018
Order buku 5 pcs
Gusper
Sudah nyari2 di toko buku ga Nemu Mau order buku 'Trik Jitu Pengusaha Cerdas'  Bagaimana caranya? No HP/WA yang bisa saya hubungi Nomor rekening transfer? Terimakasih ðŸ˜ŠðŸ™Ź GUSPER WA 08139963711
Konsultasi Ekotama
Tuesday, 25 Jul 2017
INTEGRITAS
INTEGRITAS Apakah Anda pernah mengalami kejadian seperti ini? 1.Ada karyawan yang bertabiat buruk, selalu terlambat masuk kantor, mengantuk (sesekali hingga tertidur) di kantor, malas-malasan pada jam kerja, bahkan menggunakan jam kerja untuk melak
Pengunjung Saat ini: 1
Total Pengunjung: 981603

Saturday, 31 Mar 2018
Verry
Penentuan besaran saham untuk anggota keluarga

Selamat malam pak eko,

Saat ini saya dan adik bergabung dalam 1 perusahaan keluarga, kami adalah generasi ke 2. Saya terlebih dahulu memegang tongkat estafet perusahaan mulai tahun 2007 dan 2 tahun kemudian adik saya ikut bergabung.
Masalah yang sedang kami alami saat ini adalah orang tua kami ingin menghibahkan saham mereka kepada kami berdua. Namun terkendala dengan persentase yg akan di hibahkan kepada kami berdua. Apabila salah satu dari kami mendapatkan saham yg lebih kecil maka di khawatirkan akan menjadi hal yg kurang nyaman.
Sehingga timbul lah beberapa obrolan saya dengan adik... apakah perusahaan yg ada saat ini kita split menjadi 2 perusahaan sehingga masing2 bisa menunjukkan kinerja masing2. Kebetulan skill saya dengan adik berbeda, saya handle kantor (pembelian, penjualan dan manajemen) sedangkan adik saya kebetulan lulusan tehnik sehingga dia memegang manufakturnya. 
Yang paling utama kekhawatiran yg timbul adalah ketika salah satu dari kami mendapat porsi saham yg lebih besar dan bila suatu hari ada permasalahan dan tidak ada titik temu. Maka secara kepemilikan saham, jelas keputusan ada di saham terbesar. Dan belum tentu menjadi kesepakatan bersama. Hal ini bisa menghambat kinerja perusahaan.


Jawaban:
Thursday, 19 Apr 2018

Terimakasih atas atensinya Bapak Verry. Berikut jawaban atas pertanyaan Anda:


Ada beberapa model yang dapat diterapkan untuk pembagian saham ini, misalnya:
1. Dibagi dua sama rata. Tapi dibagi dua sama rata disini angkanya tidak bisa sama persis, yakni 51% dan 49%. Saham yang lebih besar dipegang oleh orang yang kontribusinya lebih besar, demikian pula sebaliknya. Jika Anda memegang urusan manajemen, seharusnya Anda berkontribusi lebih besar di perusahaan ini, karena maju mundurnya perusahaan tergantung manajemen yang diterapkan.

2. Berdasarkan pembagian wilayah kerja. Dalam manajemen perusahaan terdapat unsur produksi, pemasaran, SDM, keuangan. Manufaktur termasuk dalam unsur produksi. Jika masing-masing unsur dihargai 25% saham, maka adik Anda memegang 25% dan Anda memegang 75% saham.

3. Berdasarkan penilaian kinerja dan kontribusinya untuk kemajuan perusahaan sejak tahun 2007 - sekarang. Ini adalah cara paling fair dan yang menilai adalah orang tua Anda. Penilaian didasarkan pada laporan keuangan perusahaan, pertumbuhan perusahaan dan attitude masing-masing anak. Indikator penilaiannya dapat dirinci menjadi belasan hingga puluhan item, terutama hal-hal strategis dimana Anda dan adik berperan dalam pertumbuhan perusahaan. Selain itu, orang tua juga harus melakukan interview dengan Anda dan adik untuk mengetahui visi dan misi Anda berdua kedepannya serta program-program yang Anda miliki untuk memajukan perusahaan kedepan. Semua hasil analisis data dan interview tadi dituangkan dalam selembar penilaian yang tidak dapat diganggu gugat dan diumumkan seperti layaknya mengumumkan wasiat. Jika didasari data dan fakta, pasti semua pihak akan bisa menerima dengan lapang dada.

Demikian, semoga mencerahkan. Sukses selalu...!

 




Wednesday, 25 Jul 2018

 

MENGAWALI SEMESTER 2 TAHUN 2018

PELATIHAN KEPEMIMPINAN & MANAJERIAL BPR

 

 Tidak dapat dimungkiri, maju mundurnya sebuah perusahaan ditentukan oleh level kepemimpinan dan manajerial para pengelola perusahaannya. Untuk dapat memimpin dengan baik, seseorang harus mengetahui dan memahami posisinya. Sedangkan untuk mengelola perusahaan dengan baik, seseorang harus menguasai wawasan dan ketrampilan manajerial sesuai dengan jabatannya dan karakteristik perusahaannya.

 

Dalam rangka meningkatkan kualitas kepemimpinan dan manajerial pada bank perkreditan rakyat, BANKERS INSTITUTE menyelenggarakan pelatihan khusus kepemimpinan dan manajerial BPR pada tanggal 14 Juli 2018 yang lalu di Hotel de Laxston Yogyakarta.

Tuesday, 24 Jul 2018

 

ULTAH KE-41, LAUNCHING BUKU:

I WANT YOU…! 8 Interpersonal Skills Yang Dibutuhkan Big Boss

 

 

Apa yang Anda lakukan jika merasa jengkel dan kecewa? Ujung-ujungnya pasti marah bukan? Apalagi jika Anda sudah menginvestasikan uang yang tidak sedikit namun tidak mendapatkan SDM (sumber daya manusia) yang dibutuhkan.

Namun berbeda dengan SURYONO EKOTAMA. Ia santai-santai saja dan melampiaskan kejengkelannya dengan menulis buku ini I WANT YOU…! 8 Interpersonal Skills Yang Dibutuhkan Big Boss.

“Buku ini saya tulis supaya para pelamar kerja dan karyawan itu memiliki 8 interpersonal skills yang dibutuhkan boss. Jadi kami mudah memberinya pekerjaan…”, katanya.

Monday, 23 Jul 2018

VALENTINE DAY 2018,

LAUNCHING BUKU MATINYA PERUSAHAAN GARA-GARA S.O.P.

 

 

 

Tidak mau kalah dengan anak muda masa kini, SURYONO EKOTAMA juga merayakan Valentine Day dengan caranya sendiri yang cukup unik dan mungkin satu-satunya di dunia. Ia meluncurkan buku berjudul MATINYA PERUSAHAAN GARA-GARA S.O.P. Merayakan Valentine Day kok meluncurkan buku, judulnya mengerikan pula? Ketika dikonfirmasi tentang hal tersebut, SURYONO EKOTAMA tertawa:

“Itu karena saya sayang sama pengusaha-pengusaha yang sedang berusaha secara sungguh-sungguh memperbaiki manajemen perusahaannya dan selama ini justru tertipu oleh buku-buku cara membuat SOP abal-abal…”

Setelah ditelusuri di pasaran, memang banyak buku-buku SOP yang isinya hanya saduran buku-buku SOP lainnya yang disusun oleh penulis yang tidak berkompeten dibidangnya (tidak memiliki perusahaan, belum pernah membuat dan menerapkan SOP, tetapi menyusun buku tentang pedoman membuat SOP). Ketika pedoman itu diterapkan oleh pembaca buku, hasilnya adalah SOP yang kontraproduktif, bahkan bisa mematikan perusahaannya.

Copyright 2009 - 2018 :: ekotama. All Rights Reserved.